*

*

Ads

Senin, 25 Juni 2018

Ang Hong Cu Jilid 002

“Bun An, hayo berjanji!” bentak ibunya sambil mengguncang-guncang tubuhnya.

Dengan air mata bercucuran Bun An mengeluarkan kata-kata dengan gagap,
“Aku…… aku berjanji……”

“Kau harus bersumpah!” kata pula Ma Cun dan pedangnya sudah mengancam dada anak itu untuk ditusukkan.

“Aku….. aku bersumpah….,” kata Bun An ketakutan.

“Bersumpah apa? Hayo yang jelas!” bentak pula Ma Cun dan jari tangan Kui Hui menjiwir telinga kiri Bun An dengan keras sehingga anak itu menyeringai kesakitan.


“Ibu….., sakit!” Bun An mengeluh.

“Lekas bersumpah katakan bahwa engkau tidak akan memberitahukan kepada siapapun juga apa yang kau lihat disini!”

Kui Hui juga membentak dan tidak melepaskan jiwirannya kepada telinga anaknya. Sungguh mengherankan sekali betapa seorang ibu yang tadinya amat sayang kepada puteranya, dalam keadaan ketakutan hebat berubah menjadi sedemikian kejamnya. Rasa takut memang dapat membuat orang menjadi kejam dan jahat.

Bun An kini memandang kepada ibunya dan kepada Ma Cun bergantian, dan di dalam sinar matanya yang basah air mata itu, disamping rasa takut, juga terdapat perasaan benci yang luar biasa.

“Aku bersumpah tidak akan menceritakan kepada siapapun juga apa yang kulihat disini,” katanya.

Jiwiran telinganya dilepaskan dan tiba-tiba saja Kui Hui merangkul anaknya dan menciumi sambil menangis.

“Kau anakku yang baik! Kau Bun An anak ibu tersayang. Ketahuilah, Bun An. Paman Ma Cun ini amat sayang kepada ibu, dan kepadamu juga. Akan tetapi kalau kau bicara tentang apa yang terjadi disini, kita semua termasuk kau akan celaka. Mengertikah kau anakku?”

Tentu saja Bun An tidak mengerti. Ibunya tadi menyiksanya, bersikap demikian kejam, dan sekarang tiba-tiba merangkulnya dan menciuminya. Entah bagaimana, dia merasa jijik dan menarik mukanya kebelakang agar tidak diciumi lagi oleh ibunya.

Ma Cun menyimpan pedangnya. Kui Hui mengenakan pakaiannya. Perwira itu kini duduk di kursi dan menarik kedua tangan Bun An anak itu mendekat.

“Dengar, Bun An. Aku sayang kepada ibumu dan sayang kepadamu juga. Mulai sekarang, engkau harus ikut pula merahasiakan pertemuan antara ibumu dan aku, bahkan engkau harus membantu kami melakukan penjagaan agar kalau ada orang datang, engkau dapat memberitahu lebih dulu kepada kami. Mengertikah engkau?”

Karena takut, Bun An mengangguk dan demikianlah, mulai hari itu, kedua orang hamba nafsu birahi itu lebih leluasa lagi mengadakan pertemuan dan hubungan rahasia karena ada Bun An yang “membantu” mereka dan melakukan pengawasan di luar kamar apabila ibunya sedang bermain cinta dengan kekasihnya.

Bun An taat karena takut, akan tetapi jauh dilubuk hatinya, dia merasa muak melihat perbuatan ibunya dan dia amat membenci Ma Cun. Peristiwa yang terjadi sewaktu dia berusia tujuh tahun ini sungguh merupakan guncangan batin hebat sekali, menggores di hatinya dalam-dalam dan merupakan kesan yang takkan terlupakan selama hidupnya, bahkan menjadi dasar pembentukan wataknya di kemudian hari.

Asap tak dapat ditutup, sepandai-pandainya orang menyimpan bangkai busuk, baunya akan tersebar kemana-mana dan akhirnya akan ketahuan juga. Biarpun di jaga dengan hati-hati, tetap saja hubungan antara Ma Cun dan selir terkasih dari Tang-taijin itu diketahui oleh beberapa orang anggota pengawal dalam.






Sudah wajar kalau diantara mereka itu ada yang merasa iri hati terhadap Ma Cun. Bayangkan saja! Ma Cun hampir setiap hari bermain cinta dengan selir yang cantik jelita itu, tanpa ingat kepada kawan-kawannya! Siapa tidak akan menjadi iri? Mulailah peristiwa itu menjadi bahan pergunjingan dan akhirnya, desas-desus bahwa selirnya tersayang itu nyeleweng, sampai pula ke telinga Tang-taijin.

Tang-taijin marah sekali. Kakek ini karena marahnya, bersikap kurang cerdik. Dia tidak mau menanti sampai dia dapat membuktikan sendiri dan menangkap basah selirnya yang melakukan penyelewengan, melainkan langsung saja mendatangi Kui Hui di kamarnya dan pembesar ini memaki-maki Kui Hui.

Kui Hui menangis, berlutut di depan kaki suaminya dan dengan gaya yang memikat, yang menimbulkan keharuan, ia bersumpah bahwa ia tidak pernah menyeleweng.

“Saya adalah isteri yang paling setia, biarpun sekarang paduka jarang sekali datang berkunjung, saya selalu tetap menanti dengan setia. Saya mendapatkan kasih sayang paduka dan sayapun amat cinta kepada paduka, bukti buah kasih sayang antara kita adalah Bun An. Bagaimana saya berani melakukan penyelewengan? Desas-desus yang paduka dengar itu hanyalah disebarkan oleh mereka yang iri hati kepada saya, yang tidak suka karena paduka terlalu sayang kepada saya!”

Kui Hui menangis sesenggukan.
“Mana buktinya bahwa saya melakukan penyelewengan? Kalau ada buktinya, saya tidak akan ribut-ribut dan saya rela di hukum mati sekarang juga!”

Karena Tang-taijin memang sayang kepada selirnya yang cantik molek dan pandai merayu ini, diapun menjadi bimbang. Dia memang tidak melihat buktinya.

“Sudahlah,” katanya sambil merangkul tubuh yang molek itu ketika selirnya menangis sambil memeluk kakinya, “Biarpun aku tidak melihat buktinya, namun desas-desus itu menunjukkan bahwa ada orang-orang yang memusuhimu. Karena itu, mulai sekarang engkau harus berhati-hati, menjaga diri dan jangan meninggalkan kamar kalau tidak perlu agar tidak ada orang yang dapat menyangka engkau melakukan hal yang bukan-bukan.”

Dan mulai hari itu, Tang-taijin menugaskan Ma Cun di bagian luar, juga mengutus pengawal pribadinya yang dipercayainya untuk mengamati “keamanan” di dalam gedungnya agar tidak terjadi hal-hal yang akan mengganggu ketentraman rumah tangganya dan mencemarkan nama kehormatan keluarganya.

Tentu saja diam-diam Kui Hui menjadi marah sekali atas tindakan Tang-taijin ini. Ia dikurung dan dijaga, diawasi. Kekasihnya, Ma Cun, dipindahkan keluar sehingga ia tidak berdaya sama sekali. Jangankan untuk mengadakan hubungan dan pertemuan rahasia, bahkan untuk melihat wajah kekasihnya saja tidak ada kemungkinan lagi.

Padahal, gairah berahinya sudah menyesak sampai ke ubun-ubun! Kui Hui berpaling kepada puteranya lagi. Dengan bujukan dan ancaman , akhirnya ia berhasil mengirim surat kepada Ma Cun melalui Bun An yang sebagai seorang anak laki-laki tentu saja dapat keluar dan bertemu dengan Ma Cun tanpa menimbulkan kecurigaan.

Surat menyuratpun terjadilah dan isi surat itu menjalin rencana yang amat keji. Ma Cun mencarikan racun yang amat keras dan tidak berbau, dikirimnya racun itu melalui tangan Bun An yang tidak menyangka sesuatu. Kemudian, racun itu oleh Kui Hui disuguhkan kepada Tang-taijin pada saat pembesar itu datang menggilirnya dan bermalam di dalam kamarnya.

Tang-taijin jatuh sakit! Sakit yang berat sekali. Tidak ada tabib mampu menyembuhkannya dan seminggu setelah ia bermalam di kamar Kui Hui, Tang-taijin meninggal dunia. Diam-diam Kui Hui sudah mengumpulkan banyak barang berharga, perhiasan emas berlian yang diselundupkan keluar, diserahkan kepada Ma Cun melalui tangan Bun An.

Biarpun desas-desus tentang Kui Hui yang menyeleweng itu tidak ada buktinya, namun hal itu membuat Kui Hui dipandang rendah oleh isteri dan para selir mendiang Tang-taijin. Bahkan kematian Tang-taijin lalu dikaitkan dengan desas-desus itu, dianggap bahwa matinya pembesar itu karena malu dan sakit hati oleh ulah selir tersayang itu.

Maka, sikap yang tidak ramah diperoleh Kui Hui dan Bun An. Hal ini bahkan merupakan hal yang diharapkan Kui Hui karena ia mendapatkan alasan untuk keluar dari rumah itu dengan baik-baik, dengan alasan pulang ke kampungnya.

Setelah Kui Hui dan Bun An keluar dari rumah keluarga Tang, wanita itu sama sekali bukan pulang ke kampung asalnya, melainkan diterima dengan tangan terbuka oleh Ma Cun, kekasihnya! Apalagi karena wanita itu selain telah menitipkan banyak perhiasan, juga membawa pula barang-barang berharga.

Kehidupan Bun An mengalami perubahan besar. Ma Cun yang juga minta keluar sebagai kepala pengawal di rumah keluarga Tang-taijin, menghambur-hamburkan harta yang dibawa oleh Kui Hui. Sikapnya terhadap Bun An, sebagai anak tirinya, amat keras dan Bun An diperlakukan sebagai seorang kacung pelayan saja. Bahkan kadang-kadang dengan alasan pemuda cilik itu malas, Bun An dipukul oleh Ma Cun. Kui Hui yang mabok oleh rayuan dan kejantanan Ma Cun yang tentu saja jauh lebih muda dan gagah daripada mendiang Tang-taijin, tidak pernah menentang suami barunya, bahkan kadang-kadang ikut mengomeli Bun An.

Baru beberapa bulan saja ikut ayah tirinya, Bun An tidak kuat bertahan, dan pada suatu malam, larilah dia, minggat dari rumah ibu dan ayah tirinya. Dalam usia kurang lebih delapan tahun Bun An melarikan diri, tidak membawa apa-apa. Ayah tirinya merasa kebetulan sekali dan tidak mau mencarinya, sedangkan Kui Hui yang tadinya merasa kehilangan, hanya beberapa hari saja sudah terhibur oleh Ma Cun.

Bun An hidup sengsara dan terlunta-lunta. Kadang-kadang kalau ada orang menaruh kasihan kepadanya, anak ini bisa mendapatkan pekerjaan ringan, membantu rumah tangga sebagai kacung dan sebagainya.

Namum, dia tidak pernah mau lama-lama di suatu tempat sebagai kacung orang, maka untuk mengisi perutnya setiap hari, dia lebih banyak minta-minta. Pakaiannya sudah compang-camping dan tubuhnya kurus karena seringkali dia menderita kelaparan.

Dua tahun lebih Bun An hidup sebagai pengemis kecil. Hidup penuh duka dan sengsara bagi anak kecil ini. Pada suatu hari, dalam perantauannya, dia tiba di kota Wuhan di Propinsi Hopei. Di kota besar ini, dia mencoba pula untuk mencari pekerjaan. Akan tetapi siapakah mau memberi pekerjaan seorang anak jembel yang kurus? Dia malah dicurigai, dituduh hendak mencuri, maka Bun An menjadi putus asa dan untuk mengisi perutnya, kembali dia harus minta-minta untuk mempertahankan hidupnya.

Dan kalau malam tiba, diapun tidur dimana saja, kadang-kadang di bawah jembatan, di emper rumah orang, dan kalau sedang mujur, dia mendapatkan tempat di sebuah kuil dimana para pendetanya cukup ramah untuk menerimanya, atau juga di kuil kuno yang kosong.

Akan tetapi di kota Wuhan ini dia mengalami nasib sial. Baru dua hari dia berada disitu dan setiap hari dapat memperoleh makanan yang cukup mengenyangkan perutnya dari rumah-rumah makan yang memberikan sisa-sisa makanan kepadanya, pada hari ketiga, hampir semua restoran tutup! Bahkan yang buka nampak betapa para pelayan dan pengurusnya takut-takut sehingga tidak ada seorangpun yang mau memperdulikan anak jembel itu. Bahkan dimana-mana dia dibentak dan diusir.

Ketika Bun An menyelidiki dan bertanya-tanya, dia mendengar bahwa malam tadi terjadi kerusuhan. Segerombolan perampok mengganas di kota itu sehingga keesokan harinya, banyak rumah makan dan toko tidak berani buka! Kabarnya, banyak toko yang dirampok.

Bun An kembali ke kuil tua dengan hati mengkal. Hari itu terpaksa dia berpuasa.
“Huh, gara-gara perampok jahanam itu aku kelaparan!”

Berulang kali dia menyumpah sambil mengepal kedua tinju tangannya yang kurus. Apa boleh buat, karena malam hampir tiba, dia lalu memasuki kuil tua di luar kota Wuhan untuk melewatkan malam yang tentu sengsara karena perutnya kosong! Dan hawa mulai dingin bukan main.

Karena tubuhnya letih dan lemas karena kelaparan, dapat juga ia tertidur nyenyak, melingkar, menarik kedua kakinya merapat ke dadanya untuk mengurangi rasa lapar dan dingin. Malam telah gelap benar ketika dia terbangun karena di tendang-tendang orang, Bun An membuka matanya dan bangkit duduk, matanya agak silau oleh sinar api unggun yang dinyalakan orang beberapa meter jauhnya dari tempat dia tidur.

“Hayo bangun dan pindah kesana! Jangan disini!” terdengar bentakan dan kembali ada kaki yang mendorong-dorongnya untuk pergi.

Ang Hong Cu







Tidak ada komentar:

Posting Komentar